Akhirnya Whatsapp Hadirkan Fitur Video call dan Telpon pada Versi Dekstop

 Berita baik bagi pengguna Whastapp, pada hari kamis tanggal 4 maret 2021 lalu, akhirnya fitur yang sangat ditunggu-tunggu ini hadir juga, yaitu fitur video call dan telpon pada aplikasi whatsapp versi dekstop (Mac dan Windows PC). Perusahaan yang bernaung dibawah Facebook ini mengatakan, fitur ini memudahkan pengguna untuk bekerja dengan rekan kerja, melihat keluarga Anda dengan lebih jelas atau aktivitas berbicara yang lebih leluasa, apalagi pada masa pandemi covid 19 seperti saat ini.



Tentu saja hal ini juga menjadi berita bagus bagi para pendidik, sebagaimana yang kita ketahui dan rasakan, pada masa pandemi sekolah dan kampus ditutup sementara, sehingga KBM dilaksanakan secara daring. Meskipun sudah banyak platform Learning Management system (LMS) yang tersedia, tetapi tidak sedikit guru dan dosen menggunakan Whatsapp untuk melakukan KBM daring.

Whatsapp sebenarnya merupakan paltform berbagi pesan dan memang tidak dirancang untuk Kegiatan belajar mengajar, tetapi, whatsapp adalah aplikasi yang sudah familiar bagi kebanyakan orang untuk berkomunikasi, apalagi di Indonesia. sehingga ketika jarak dan tempat menjadi penghalang untuk melaksanakan KBM, platform pertama yang dilirik oleh para pendidik untuk berkomunikasi dengan peserta didik adalah whatsapp. Selain itu fitur yang dihadirkan diwhatsapp cukup lengkap untuk menunjang KBM daring seperti, berbagi file dengan Multi format (PDF, Doc, PPT) berbagi link, bahkan berbagi file video.

Fitur video call dan telpon ini sebenarnya tidak asing bagi para pemilik Whatsapp versi smartphone. Namun ada beberapa orang yang menggunakan Whatsapp versi Desktop untuk kemudahan komunikasi saat bekerja. Untuk menggunakan fitur ini, komputer pengguna harus dilengkapi dengan webcam dan/atau microphone.


Fitur ini juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan Google Meet atau Zoom, tetapi Pihak Whatsapp mengklaim bahwa menggunakan Whatsapp Desktop, Video Call ini jauh lebih mudah digunakan.
Panggilan suara dan video di aplikasi desktop WhatsApp, tersedia untuk diunduh di sini, saat ini terbatas pada percakapan empat mata (satu dengan satu). Namun perusahaan berjanji akan memperluas fitur untuk obrolan grup di masa depan.

WhatsApp juga menyebut versi yang mendukung fitur ini adalah Windows 10 64-bit versi 1903 dan yang lebih baru, atau MacOS 10.13 dan yang lebih baru.

Diberdayakan oleh Blogger.