PROGRAM IN HOUSE TRAINING HTT ID x PBI UAD "MEMBANGUN KELAS KREATIF DAN KOLABORATIF DENGAN CANVA FOR EDUCATION"

 

High Tech Teacher Indonesia bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan untuk melakukan kegiatan In-House Training. Kegiatan ini merupakan kegiatan di mana pihak High Tech Teacher Indonesia diundang untuk menjadi trainer atau instruktur di sebuah instansi pendidikan dengan tujuan untuk melatih dan membimbing para pendidik menggunakan sebuah platform digital dalam pembelajaran. 

Pada kegiatan In-House Training kali ini, HTT ID akan mengajarkan media pembelajaran Canva for Education yang dibimbing langsung oleh Bapak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd. selaku Dosen Universitas Ahmad Dahlan serta Founder High Tech Teacher Indonesia yang juga memiliki sertifikasi Canva Champion dan Filianti, S.Pd. selaku Account Manager & Networking yang juga memiliki Surat Pencatatan HKI untuk produk multimedia pembelajaran berbasis digital berupa interactive E-Modul berbasis Canva for Education dengan nomor dokumen 000275606. 

Tujuan diadakannya In House Training ini diharapkan agar Bapak/Ibu Dosen Universitas Ahmad Dahlan mampu menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis canva for education dan dapat menularkan keterampilannya ke mahasiswa maupun sebagai bahan melakukan transfer ilmu serta keterampilan ke para pendidik Bahasa Inggris di Indonesia.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan pada :

Hari / Tanggal : Kamis, 7 Oktober 2021 Pukul 09.00 – 12.00 WIB

Sabtu, 9 Oktober 2021 Pukul 13.00 – 15.00 WIB

Selasa, 12 Oktober 2021 Pukul 09.00 – 12.00 WIB

Tempat : Meeting dilakukan melalui Google Meet atau Zoom dan  pendampingan dilakukan melalui Grup WhatsApp serta kelas  di Google Classroom, kemudian share materi dilakukan pada  Google Classroom.

Canva for Education merupakan fitur tambahan untuk pembelajaran dari Canva yang bisa membangun kelas menjadi interaktif, kolaboratif, kreatif, dan menyenangkan. Dengan adanya platform ini, pendidik maupun peserta didik menjadi mudah untuk membuat,  berkolaborasi, dan berkomunikasi secara visual di dalam dan di luar kelas. Di  mana hal ini dapat dilakukan secara gratis. Canva for Education bisa membantu memfasilitasi lingkungan belajar yang menyamai kelangsungan, akses, dan struktur pendidikan  sekolah biasanya. Singkatnya, ini adalah langkah melanjutkan kelas dan pelajaran online, tanpa dihambat oleh teknologi yang lambat dan ketinggalan zaman.

Canva for Education sempurna bagi Dosen atau pengajar yang berpindah ke kelas online, juga untuk mereka yang ingin memperkuat kreativitas kelas. Keuntungan utama adalah bagi pengajar dan semua peserta didik bisa mengakses platform ini secara gratis, dengan tanpa batasan penawaran atau waktu.

Canva juga sangat kompatibel dengan platform yang mungkin sudah digunakan, seperti Dropbox, Google Drive, Google Classroom dan Microsoft teams

Sumber :

Canva. (2020). Canva for Education—Free Graphic Design Tool for Schools. Diambil 6 Oktober  2021, dari Canva for Education website: https://www.canva.com/education/ 

Diberdayakan oleh Blogger.