High Tech Teacher Indonesia Bimbing Pendidik Indonesia Mengembangkan Video Animasi Pembelajaran

 

Video animasi 3D memberi pendidik fleksibilitas dalam membuat ruang tersendiri. Seiring dengan pemberian grafis 3D, hal ini juga memberi nuansa yang realistis. Konsep apapun dapat disajikan secara langsung dan visual. Terbukti secara ilmiah bahwa proses yang diilustrasikan secara dinamis dan virtual dapat disimpan dalam memori untuk durasi yang lebih lama dibandingkan dengan menghafal lisan.

Sayangnya pengembangan video animasi 3D masih dianggap sulit oleh mayoritas pendidik di Indonesia. Mereka menganggap hanya orang dengan latar belakang IT dan Coding yang mumpuni sajalah yang dapat mengembangkannya. Padahal nyatanya tidak. Terdapat berbagai software maupun tool yang dapat pendidik manfaatkan. Salah satunya adalah aplikasi Plotagon Story yang dapat dengan mudah diakses pada smartphone maupun pc.


Berdasarkan hal ini High Tech Teacher Indonesia mengadakan Special Class ke #7 bertajuk  “Plotagon Story & Camtasia: Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Kreatif dan Interaktif” yang dibimbing oleh instruktur Bapak Roberto Santana Molle, S.Kom., M.M dari SMPK 1 BPK PENABUR Bandung dengan dimoderatori oleh Bapak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd selaku Founder High Tech Teacher Indonesia yang merupakan dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.


Kegiatan ini diselanggarakan selama tiga kali pertemuan virtual dan dua pekan bimbingan intensif oleh instruktur, moderator dan tim HTT ID di grub WhatsApp serta kelas Google Classroom. Peserta dilatih dan didampingi dalam memanfaatkan aplikasi Plotagon Story dalam membuat video animasi pembelajaran. Selain itu yang tidak kalah menarik adalah pengintegrasian aplikasi Plotagon Story dengan software Camtasia sehingga hasil video pembelajaran lebih interaktif dan menarik.

Peserta yang bergabung di kegiatan ini merupakan pendidik baik guru maupun dosen dari berbagai penjuru Indonesia, seperti dari Universitas Negeri Malang, Universitas Lampung, IAIN SAS Bangka Belitung, SMAN 100 Jakarta, SPNF SKB Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan, SMPN 20 Kota Serang Banten, dll.

Peserta yang mayoritas berlatar belakang non-IT merasa sangat berterima kasih karena melalui pelatihan yang telah diselenggarakan oleh High Tech Teacher Indonesia ini akhirnya mereka mampu mengembangkan video animasi pembelajaran dan diimplementasikan dalam proses mengajar mereka.

Ibu Anggi Citra Apriliana, M.Pd dari STKIP Sebelas April Sumedang menyatakan, “Terima kasih Tim High Tech Teacher dan Bapak Roberto, sangat bermanfaat sekali ilmu yang sudah diberikan. Semoga saya yang gaptek ini bisa terus semangat belajar dan bisa mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih. Semoga nanti ada kelas buat belajar Augmented Reality, saya ingin bisa membuatnya.”

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ibu Sri Salamah, S.Pd dari SMAN 100 Jakarta, “Btw terima kasih atas ilmunya pada pelatihan ini, semoga dapat saya praktekan buat pengajaran saya, salah satunya tugas pelatihan ini sudah saya praktekan di materi pembelajaran saya. Ditunggu pelatihan yang bermanfaat buat PJJ bagi guru dan mudah dicerna.”

Berikut merupakan beberapa contoh hasil karya peserta:

Diberdayakan oleh Blogger.