High Tech Teacher Indonesia Sosialisasikan dan Latih Pendidik dari Penjuru Indonesia Terkait Akun belajar.id dan Platform Rumah Belajar


Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah memberikan fasilitas kepada pendidik dan peserta didik dalam melakukan belajar-mengajar di lingkungan digital. Hal tersebut di tuangkan dalam bentuk sebuah akun belajar.id yang merupakan buah kerja sama antara Kemdikbud dengan Google for Education. Adapun fasilitas lain yang diberikan oleh Kemdikbud adalah platform Rumah Belajar yang didalamnya terdapat berbagai fitur menarik mulai dari Kelas Maya, Sumber Belajar, Bank Soal, dan Laboratorium Maya. Selain itu juga terdapat fitur pendukung lainnya yakni Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Edugame, dan Blog Pena.

Di balik banyaknya fitur dan manfaat yang dihadirkan oleh akun belajar.id dan platform Rumah Belajar, sayangnya belum begitu banyak pendidik yang mengetahui. Berdasarkan latar belakang ini lah High Tech Teacher Indonesia yang berkolaborasi dengan Rumah Belajar Kemdikbud, Google for Education, dan REFO mengadakan kegiatan Special Class #8 HTT ID berbasis Project Centered Course bertajuk: “Pemanfaatan Akun belajar.id Terintegrasi Rumah Belajar”.

Kegiatan ini dipandu oleh Ibu Nur Ernawati, S.Pd., Gr dari SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta yang merupakan Duta Rumah Belajar DIY 2019 dan seorang Google Master Trainer. Acara berlangsung selama dua kali pertemuan virtual di Zoom pada tanggal 28 – 29 Maret 2021 dan bimbingan selama satu pekan oleh instruktur dan Tim High Tech Teacher Indonesia di Grub WhatsApp maupun kelas Google Classroom.


Peserta hadir dari seluruh penjuru Indonesia dengan jumlah total peserta 346 orang. Mayoritas peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ibu Dian Setyawati.S.Pd.AUD dari TK Pertiwi Bumijawa Kabupaten Tegal yang menyampaikan “Pengalaman baru belajar menggunakan teknologi secara online. Sangat bermanfaat sekali”. Demikian penyampaian Ibu Hamidah, S.Pd dari SDN Beringin Kencana 2 Kabupaten Barito Kuala yang menyampaikan, “Banyak menambah ilmu, pembicara menyenangkan saat live dan ada sistem mentoring yang semakin menambah pemahaman”.

Bapak Muhammad Khoharudin, S.Pd.I dari SMP Negeri 2 Plered juga menyampaikan “Al hamdulillah banyak ilmu yang saya dapatkan, terutama fitur-fitur dari portal belajar yang saya baru tau. Untuk moderatornya murah senyum (virus happy he..), untuk pematerinya terlihat sangat menguasai materi yang disampaikan. Untuk kedepannya semoga dibuka kembali webinar-webinar yang bertemakan media pembelajaran atau tekhnologi.

Demikian pula Ibu Devi Nurmalasari, S.Pd dari SLB Kadugede Kabupaten Kuningan yang menyampaikan, “Kegiatan webinar ini tentu saja sangat berdampak positif bagi kami guru yang masih belajar dalam menyesuaikan diri dengan teknologi saat ini. tidak dapat dipungkiri guru harus selalu belajar dan belajar sehingga dapat mendidik serta membimbing peserta didik kita dalam meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan diri dengan pemanfaatan teknologi yang terus berkembang dan mengikuti jamannya.”

Bapak/Ibu Guru dapat menyimak rekaman kegiatan ini di bawah ini:


Diberdayakan oleh Blogger.