Selenggarakan Special Class Genially, HTT ID Dampingi Pendidik Indonesia Kembangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif

Minggu, 13 dan 20 Juni 2021 lalu, High Tech Teacher Indonesia menyelenggarakan kegiatan Special Class #11 berbasis Project-Centered Course bertajuk: “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif, Seru, & Menyenangkan Menggunakan Genially”. Selain terselenggara melalui dua pertemuan virtual, kegiatan ini juga terlaksana melalui proses pembimbingan intensif oleh instruktur yakni Ibu Ibu Rani Indriani Kusumah, S.I.Kom., M.Si dan tim HTT ID.

Di dalam kegiatan tersebut, instuktur yang merupakan Dosen STIKESMI (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi) sekaligus seorang Learning Designer & Facilitator Sekolah.Mu serta Pelatih Kampus Guru Cikal membedah praktik penggunaan platform Genially untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif.

Bagi Bapak/Ibu yang belum tahu, Genially merupakan platform yang sangat powerfull untuk menciptakan pengalaman belajar interaktif yang akan membuat peserta didik jatuh cinta. Melalui Genially, pendidik juga dapat melibatkan peserta didik agar lebih kratif dan kolaboratif selama proses pembelajaran.

Di pertemuan virtual perama, peserta dipaparkan materi dan diajak praktik secara langsung seputar: 1) Memahami Genially & Pemanfaatannya; 2) Dasar Penggunaan Genially (Panel, Title Bar, Editor Settings, Main Sidebar); 3) The WOW Effect (Interactivity & Animation); 4) Mengintegrasikan Konten (Images, Video, Audio, Embed Content); dan 5) Praktik Membuat Konten Interaktif dengan Genially (Interactivity Image, Publish).

Di pertemuan virtual kedua materi yang disampaikan dan dipraktekkan instruktur meliputi: 1) Presentations (Dossiers, Reports, Proposal); 2) Infographics (Diagrams, Horizontal & Vertical Infographics); 3) Gamification (Quizzes, Board Games, Escape Games); 4) Mencari Inspiration; dan 5) Praktik Membuat Permainan Edukatif yang Seru & Menyenangkan dengan Genially.

Peserta yang tergabung merupakan guru dan dosen dari berbagai wilayah di Indonesia, serta kalangan corporate training. Alhamdulillah, antusiasme peserta yang sangat luar bisa membawa dampak hanya melalui dua pertemuan virtual dan pembimbingan intensif selama satu pekan ini, sudah banyak peserta yang berhasil mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif. Mulai dari interactivity images, quizzes, board games, escape games, dll.

Ibu Cynthia Widya Wulan Sari, S.Pd, peserta yang datang dari SMK Penerbangan Banjarbaru menyampaikan, “Kegiatan ini sangat membantu sekali bagi guru untuk meningkatkan kemampuan diri untuk mengembangkan kreatifitas dalam mengajar. Terimakasih kepada tim High Tech Teacher Indonesia yang sudah memfasilitasi kegiatan ini, juga untuk Ibu Rani yang friendly trainer, ilmunya sangat bermanfaat.

Bapak Slamet Supriyanto, SS, MM dari corporate training Intipesan juga menyampaikan,  “Bagus dan bermanfaat untuk pekerjaan saya khususnya kalau harus menyiapkan materi presentasi bisnis ataupun untuk bahan ajar program-program corporate training di kantor.


Berikut merupakan dokumentasi kegiatan serta quote instruktur dan moderator kegiatan Special Class #11 ini:


Diberdayakan oleh Blogger.