BELAJAR ASIK BERSAMA QUIZIZZ : DI TENGAH PANDEMI COVID-19

 Pendidikan merupakan suatu bidang penting dalam hal memajukan suatu Negara. Bidang pendidikan juga menjadi sektor utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang nantinya juga akan berdampak pada meningkatnya taraf hidup serta pendapatan perkapita nagara. Di masa pandemi COVID-19 yang terjadi khususnya di Indonesia saat ini, sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang mengalami transformasi begitu cepat dalam hal pelaksanaannya dikarenakan situasi yang terjadi. Untuk memutuskan rantai penyebaran virus ini, pemerintah mengeluarkan keputusan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara daring (dari rumah) sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Sekolah ataupun universitas harus merespon hal ini secara cepat dan tepat guna menentukan langkah-langkah untuk menghadapi situasi ini kedepannya salah satunya dengan menentukan metode yang tepat untuk melakukan proses pembelajaran dari rumah (daring). Dalam hal ini pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan untuk menunjang jalannya kegiatan pembelajaran di Indonesia.

Disinilah suatu aplikasi pembelajaran yaitu QUIZIZZ hadir untuk membantu guru dan murid agar proses pembelajaran dapat berlangsung dan pengamalan belajar yang menyenangkan dapat dirasakan saat pembelajaran jarak jauh dilakukan.

Apa Itu Quizizz

Quizizz adalah platform keterlibatan siswa yang memungkinkan guru untuk melakukan pelajaran dan kuis interaktif dengan siswa mereka . Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Hal ini tentunya memudahkan guru untuk memberikan tugas seperti latihan ataupun ulangan kepada siswa dengan tetap melakukan pengawasan secara daring dan menghindari terjadinya siswa yang menyontek. 

Kelebihan dan Kekurangan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran

Setiap media pembelajaran memiliki kelebihan serta kekurangan dalam hal penggunaanya baik secara teknis dan non teknis. Quizizz memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang secara terknis berkaitan dengan fitur di dalamnya, sedangkang secara non teknis berkaitan dengan jaringan internet.

Kelebihan Quizizz

  1. Mempermudah Pembuatan Soal

Artinya guru hanya perlu memindahkan soal yang telah dibuat dalam bentuk arsip kedalam aplikasi Quizizz

  • Sistem Poin dan Rangking

Artinya saat siswa menjawab pertanyaan dengan benar, maka akan muncul poin yang didapatkan serta diakhir kuiz akan ada perangkingan dari setiap peserta quiz. Hal ini dapat membuat kuis lebih menarik dan menantang.

  • Opsi Jwawaban yang Benar

Artinya saat siswa menjawab pertanyaan dengan salah, maka akan muncul jawaban yang benar.

  • Statistik Pengerjaan

Artinya saat siswa selesai mengerjakan kuis, maka akan muncul statistik keseluruhan dari pengerjaan soal yang mencakup persentase benar salah, kecepatan menjawab dan lainnya. Selain itu siswa juga dapat melihat kembali jawaban dari kuis yang telah dikerjakan

  • Fitur-Fitur Menarik

Saat mengerjaan kuis menggunakan quizizz, maka siswa akan memiliki kesempatan memilih beberapa skill yang setiap skillnya memiliki kelebihan masing-masing. Salah satunya memiliki kesempatan untuk mendapatkan poin 2x lipat.

Kekurangan Quizizz

  1. Siswa dapat membuka tab baru, artinya siswa bisa masuk dengan dengan akun lain jika siswa memiliki dua akun email.
  2. Siswa bisa jadi akan turun peringat walaupun dia sudah mengerjakan/menjawab semua soal yang ditanyakan, hal ini dikarenakan “masalah waktu”, artinya kecepatan siswa mengerjakan soal akan memperoleh nilai yang besar sehingga memperngaruhi
  3. Akan menjadi kendala jika ada beberapa siswa yang terlambat bergabung.

Bagaimana Cara Menggunakan Quizizz

  1. MELAKUKAN PENDAFTARAN

Setelah kita masuk kehalaman Quizizz dan mengklik tombol “Sign Up”, kemudian akan dialihkan kehalaman pendaftaran akun. Langkahnya sangat mudah, kita hanya perlu menuliskan email pada kolom dibawah kata ”Sign up with Email” lalu klik tombol “Next”. Setelah itu quizizz akan meminta kita untuk mengisi kelengkapan data seperti :

  1. Bagaimana kita menggunakan quizizi. Terdapat tiga pilihan yaitu sebagai sekolah, bisnis dan pribadi. Klik “Sebagai sekolah”
  2. Siapa kita ??. terdapat tiga pilihan yaitu guru, murid dan orang tua. Klik “Guru”
  3. Tanggal lahir
  4. Penulisan nama depan, nama belakang dan password

Kemudian akan muncul halaman utama dari Platform Quizizz. Berikut tampilannya

  •  MEMBUAT KUIS

Pada halaman utama quizizz, tendapat menu “Buat Quiz” yang ada dipojok kanan atas layar. Setelah memilih menu tersebut, kemudian akan muncul halaman seperti berikut ini.

Keterangan:

  1. Beri judul pada kuis yang ingin dibuat
  2. Pilih kategori yang relevan
  3. Klik tombol “Next

3.  MEMBUAT DATA PADA MENU “ADD GRADE”

     Setelah mengklik menu Add Grade yang terdapat di sebelah kanan layar, maka akan muncul gambar seperti berikut.

Keterangan :

  1. Masukkan nama kuis yang akan dibuat. Misalkan "Kuis Gatra Guru"
  2. Pilih bahasa yang digunakan dalam kuis.
  3. Masukkan gambar untuk kuis. Gambar ini boleh diisi, boleh tidak.
  4. Setelah selesai, klik save.

4. MEMILIH TIPE SOAL YANG DIINGINKAN

     Perhatikan gambar dibawah ini.

Untuk membuat soal, kita dapat memilih beberapa menu seperti pada gambar di atas. Terdapat beberapa menu seperti:

  • Multiple Choise
  • Checkbox
  • Fill-in-the-blank
  • Poll
  • Open endred
  • Slide

5.  MEMBUAT SOAL

            Kemudian kita akan dibawa ke halaman seperti dibawah ini.

            Pada halaman ini kita dapat menuliskan soal berserta jawaban yang benar maupun salah, memilih lama waktu pengerjaan soal tersebut dan memilih jawaban yang benar. Selain itu, agar lebih menarik kita juga dapat menambahkan foto, vidio dan suara kedalam soal yang dibuat. Lalu yang terakhir, kita dapat memilih jenis jawaban dari soal tersebut seperti “Singel Answer” dan “Multy Select”. Single Answer untuk soal dengan satu  jawaban benar dan Multy Select untuk soal dengan jawaban benar lebih dari satu.

6. MEMBUAT SOAL SEBANYAK YANG DIPERLUKAN

Silahkan buat soal sebanyak yang diperlukan. jika sudah klik “Finish Quiz” dan kuis pun siap untuk dibagikan kepada siswa.  

Berikut adalah tampilan saat pengerjaan soal menggunakan Quizizz.

Diberdayakan oleh Blogger.