ADAKAN IN HOUSE TRAINING, HTT ID LATIH DOSEN PBI UAD MEMBANGUN KELAS KREATIF DAN KOLABORATIF DENGAN CANVA FOR EDUCATION

 Canva for Education merupakan fitur tambahan untuk pembelajaran dari Canva yang bisa membangun kelas menjadi interaktif, kolaboratif, kreatif, dan menyenangkan. Melalui Canva, dosen dapat berkolaborasi dan berkomunikasi secara visual di dalam dan di luar kelas dengan mahasiswanya. Berbagai jenis multimedia pembelajaran yang interaktif dan komunikatif dapat dikembangkan melalui Canva for Education ini, misalnya Presentasi, E-Modul, Proposal, Poster, Video Presentasi, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara memanfaatkan Canva dalam pembelajaran agar proses pembelajaran lebih bermakna dan apa saja tips serta triknya? Untuk menjawabnya, kali ini High Tech Teacher Indonesia (HTT ID) bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan (PBI UAD) untuk berkolaborasi pada kegiatan In House Training yang bertajuk “Optimalisasi Canva dalam Pembelajaran Abad 21". 

Kegiatan ini diikuti oleh dosen serta laboran PBI UAD dan dibimbing langsung oleh instruktur dari tim HTT ID yaitu Bapak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd. selaku Dosen Universitas Ahmad Dahlan serta Founder High Tech Teacher Indonesia yang juga memiliki sertifikasi Canva Champion dan Filianti, S.Pd. selaku Account Manager & Networking yang juga memiliki Surat Pencatatan HKI untuk produk multimedia pembelajaran berupa Interactive E-Module berbasis Canva dengan nomor dokumen 000275606. 

Pelatihan dilaksanakan secara sinkron dengan tiga kali pertemuan melalui Zoom Meeting dan asinkron melalui Grup WhatsApp serta kelas di Google Classroom pada tanggal 7, 9, dan 12 Oktober 2021. Dalam kegiatan In House Training, Bapak/Ibu dosen dibimbing mulai dari pengenalan Canva for Education hingga cara memanfaatkannya dan pembuatan project di akhir kegiatan. Hal ini diharapkan agar Bapak/Ibu dosen bisa menerapkan keterampilannya tersebut ke mahasiswanya atau kepada guru-guru bahasa Inggris di seluruh Indonesia untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Ibu Aulia Dwi Rakhmawati, peserta In House Training menyampaikan, “Sebelum mengikuti kegiatan In House Training (IHT) ini, saya telah memiliki sedikit pengetahuan dan praktik menggunakan Canva sebatas membuat desain untuk postingan materi pembelajaran untuk feed di media sosial. Setelah mengikuti kegiatan IHT ini, saya memperoleh banyak tambahan ilmu serta pengalaman praktik kolaboratif yang belum pernah saya dapatkan. Semoga ke depannya, program ini dapat dilaksanakan lebih dari tiga kali pertemuan agar cakupan materi lebih komprehensif dan praktik lebih sering. Terima kasih banyak kepada para pemateri serta panitia penyelenggara. Semoga kita semua beroleh keberkahan. Aamiinn.”  

Ibu Indah Fajar Wahyuni juga menyampaikan “Materi ini sangat bagus, bahkan pertemuannya perlu ditambah supaya koreksi yang diberikan bisa diperbaiki kembali sampai betul-betul layak untuk ditampilkan terutama untuk pembuatan modul interaktif.” 

Berikut di bawah ini merupakan dokumentasi kegiatan In House Training berkaitan dengan materi platform Canva for Education di program studi PBI UAD beserta daftar nama peserta yang terlibat.

Diberdayakan oleh Blogger.