Selenggarakan Special Class Flipgrid, HTT ID Dampingi Pendidik Mengembangkan Video Berbasis Social Learning

Flipgrid adalah platform pembelajaran yang sangat menarik bagi pengajar dan peserta didik. Melalui Flipgrid, kita bisa belajar untuk mengembangkan video berbasis social learning guna menciptakan pembelajaran yang komunikatif. Meskipun pembelajaran sudah mulai normal, pengembangan video ini sangat berguna untuk mendukung berjalannya kegiatan belajar mengajar. 

Pada hari Sabtu, 25 September 2021 dan Selasa, 12 Oktober 2021, High Tech Teacher Indonesia (HTT ID) telah melangsungkan acara Special Class #16 Flipgrid. Acara tersebut dimoderatori oleh Bapak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd selaku Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan Founder HTT ID, serta instruktur acara ini adalah Bapak Roberto Santana Molle, S.Kom., M.M selaku Guru SMPK 1 BPK Penabur Bandung dan Flipgrid Certified Educator Level 3.

Kegiatan Pertama 25 September 2021

Kegiatan dilakukan secara online melalui Zoom. Meeting dan bimbingan melalui grup Whatsapp. Dalam acara tersebut peserta yang mengikuti kegiatan diajarkan untuk mendapatkan Certification Educator Level 1 Flipgrid. Sertifikat ini dapat digunakan untuk memenuhi persyaratan dalam kegiatan belajar mengajar. Peserta juga diajarkan untuk membuat room kelas dan perkenalan diri menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia. Flipgrid sebagai platform pembelajaran berbasis pengembangan video sangat berguna bagi pendidik dalam menyampaikan materi. Flipgrid memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan untuk para pendidik. 

Kegiatan Kedua 12 Oktober 2021

Pada pertemuan ke-2 Pak Roberto menyampaikan tentang fitur yang ada pada Flipgrid yaitu Mix Tapes. Mix Tapes adalah fitur yang dapat digunakan untuk portofolio peserta didik, video kompilasi peserta didik, semester highlight, buku tahunan dan masih banyak lagi. Mix Tapes juga mudah dibagikan dengan cara copy link atau barcode. Selain itu Pak Roberto juga menyampaikan fitur Flipgrid lainnya seperti Grid Pals untuk memudahkan mencari teman dan sharing. 

Guna memenuhi requirement Flipgrid Certified Educator Level #1 maka kita harus melakukan beberapa tahapan berikut.

  1. Melengkapi Profil Pendidik Flipgrid
  2. Menyelesaikan kursus Engage and Amplify di Microsoft Educator Center, dengan catatan harus membuat akun Microsoft gratis terlebih dahulu guna menyelesaikan kuis di akhir sesi.
  3. Merekam respons pada Topik Level 1, untuk rekaman ini bisa menggunakan bahasa Inggris ataupun bahasa lainnya. Setelah selesai merekam, biasanya waktu yang dibutuhkan oleh pihak Flipgrid dalam memverifikasi hasil course sekitar 1-2 minggu.
  4. Gunakan Flipgrid dengan peserta didik atau kolega dan terima setidaknya 3 tanggapan video.

Jika Bapak/Ibu hendak belajar penggunaan Flipgrid dapat mengakses informasi pada tautan berikut ini: https://info.flipgrid.com. 

Diberdayakan oleh Blogger.