Official Canva Indonesia Mengundang High Tech Teacher Indonesia untuk Menyampaikan Materi Webinar Tips Mudah Membuat Poster Pendidikan untuk Menarik Minat Belajar Siswa

 Pandemi Covid-19 di seluruh dunia telah mengubah sistem pembelajaran di sekolah. Pada saat ini proses pembelajaran dilakukan secara online dengan menggunakan teknologi. Namun dampak dari pembelajaran online mulai terasa, para siswa lebih suka bermain dengan smartphone daripada membaca buku, sehingga budaya literasi semakin hari semakin berkurang. 

Kondisi ini menuntut pendidik memiliki keahlian dan kreativitas untuk memotivasi para siswanya, termasuk menyediakan media pembelajaran guna merangsang minat membaca. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan  adalah poster. Poster dapat dilihat sebagai media yang sangat efektif untuk mengajarkan siswa tentang pendidikan karakter. Peningkatan kinerja pendidikan pada masa mendatang diperlukan sistem informasi dan teknologi informasi yang mana tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan dunia pendidikan sehingga mampu bersaing dalam dunia global (Budiman, 2017).

Salah satu dari sekian banyak aplikasi pembuat poster yang muncul di dunia teknologi adalah Canva. Canva merupakan program desain online yang menyediakan berbagai alat, termasuk dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran berbentuk Poster. Dan Alhamdulillah, pada hari Sabtu 13 November 2021 Founder High Tech Teacher Indonesia sekaligus sebagai Dosen Universitas Ahmad Dahlan, yakni Bapak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd diundang oleh Official Canva Indonesia, untuk bersama-sama #NgobrolSeruBarengGuru dengan Ibu Pipit Indrawati selaku Education Community Manager Canva Indonesia menyampaikan materi terkait "Tips  Mudah Membuat Poster Pendidikan untuk Menarik Minat Belajar Siswa". 

Di awal webinar, Ibu Pipit Indrawati menyampaikan tentang keunggulan Canva untuk Pendidikan yang dapat digunakan mulai dari pengajar Paud sampai SMA/SMK sederajat. Juga misi dari Canva untuk pendidikan adalah Memberdayakan  Kreativitas Kolaborasi di Setiap Kelas. Ibu Pipit juga menyampaikan tentang manfaatnya untuk guru maupun siswa, diantaranya adalah di Canva untuk Pendidikan Bapak/Ibu Guru serta Siswa dapat mengakses materi belajar yang menarik seperti template dan format yang menarik. Bapak/Ibu Guru bisa berkolaborasi di kelas dengan para siswa-siswinya yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan melatih berpikir kritis tingkat tinggi. Dan yang tidak kalah, dengan Canva Bapak/Ibu Guru dapat membuat bahan ajar yang rumit menjadi sederhana.

Kemudian Bapak Lovandri selaku Pemateri menyampaikan materi, diantaranya adalah Poster Pendidikan dapat berupa campaign/ajakan dan berupa materi. Juga terdapat lima unsur elemen utama dalam  poster yaitu: Informasi, Tipografi, Ilustrasi, Warna, dan Ruang/Spasi. Pak Lovandri selaku pemateri juga menyampaikan tentang beberapa tips dalam pembuatan Poster. Salah satunya yang dibahas adalah tentang Hirarki dalam tipografi.

Dokumentasi

Juga terdapat sesi dimana Bapak/Ibu Peserta Webinar diminta untuk mencari unsur hirarki tipografi di dalam poster yang di tampilkan.

Dokumentasi

Dan berikut merupakan Dokumentasi Webinar “Tips Mudah Membuat Poster Pendidikan untuk Menarik Minat Belajar Siswa” bersama Official Canva Indonesia pada tanggal 13 November 2021. 

Dan untuk Bapak/Ibu yang belum sempat menyaksikan Acara kemarin secara langsung, dapat menonton ulang melalui rekaman di grup Facebook Canva untuk Guru Indonesia, namun pastikan harus gabung terlebih dahulu dengan grup tersebut. Berikut Linknya

https://web.facebook.com/groups/canvauntukguruindonesia/

Referensi :

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8(I), 31–43.

Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. 

   https://www.canva.com/id_id/pendidikan/ (diakses 17 November 2021)

Diberdayakan oleh Blogger.