Penting Banget! Berikut Skills yang Wajib Dikuasai Menuju Era Industri 5.0, Agar Sukses Masuk Perusahaan Besar!

 Dunia terus mengalami perubahan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat selanjutnya menciptakan hal-hal baru yang kemudian dapat bermanfaat dalam memudahkan pekerjaan manusia. Adanya perkembangan globalisasi mendorong terjadinya era industri 4.0, di mana banyak pekerjaan manusia yang dapat digantikan dengan teknologi. Perkembangan dunia teknologi yang semakin luas dalam segala bidang akhirnya menjadi salah satu alasan terlahirnya era industri 5.0 di mana pada era industri ini setiap orang dituntut untuk memiliki skill yang mumpuni dalam penggunaan teknologi. Dengan begitu, otomatis ada berbagai skill khas yang wajib dikuasai di era revolusi industri 5.0. Melalui kepemilikan beragam kelebihan ini, kamu bisa menjawab berbagai skill yang diinginkan oleh industri.

Dikutip dari World Economic Forum, berikut adalah 10 skill revolusi industri 4.0 yang wajib kamu kuasai untuk menuju era industri 5.0.

  1. Pemecahan Masalah Kompleks

Tidak seperti pemecahan masalah yang bersifat sederhana, dalam mengikuti perkembangan zaman, pemecahan masalah kompleks biasanya lebih menuntutmu untuk memiliki beragam pengetahuan. Sehingga nantinya solusi yang didapatkan akan bersifat komprehensif.

  1. Berpikir Kritis

Berpikir kritis merupakan kemampuan yang wajib dimiliki juga, karena dengan memiliki kemampuan ini, dapat dilihat sejauh mana seseorang mampu menganalisis atau menilai sesuatu dalam keadaan tertentu.

  1. Kreativitas

Kreativitas alias kemampuan mencipta atau memodifikasi yang telah ada menjadi lebih baik, naik dari urutan kesepuluh. Dengan banyaknya produk industri yang benar-benar baru, tentu kreativitas akan semakin dibutuhkan.

  1. People Management

Kemampuan mengkoordinir orang lain tentu akan terus dibutuhkan. Karena kemampuan ini pasti sangat penting untuk memimpin sebuah tim yang terdapat di sebuah perusahaan.

  1. Berkoordinasi dengan Orang Lain

Kemampuan ini dapat menjadi salah satu indikator apakah seseorang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan mengukur bagaimana kinerja seseorang apabila ditempatkan pada sebuah tim.

  1. Kecerdasan emosional

Kemampuan ini adalah kemampuan bagaimana mengelola emosi dalam setiap pribadi masing – masing.

  1. Penilaian Pengambilan Keputusan

Dalam setiap pekerjaan, pengambilan keputusan merupakan hal yang sangat penting karena hal ini merupakan langkah awal sebelum melakukan tindakan yang lebih jauh.

  1. Service Orientation 

Skill ini adalah kemampuan untuk dapat mengidentifikasi atau memprediksi keinginan dan kebutuhan orang lain, dalam dunia kerja bisa diartikan pelanggan atau customer.

  1. Negosiasi

Kemampuan ini adalah kemampuan untuk kompromi dan diskusi antara dua pihak yang memiliki tujuan berbeda. Tentunya kemampuan ini juga sangat penting untuk dikuasai.

  1. Cognitive Flexibility

Cognitive flexibility adalah kemampuan melihat perspektif baru dan adaptif terhadap lingkungan dan dinamikanya.

Itulah daftar skill yang sebaiknya kamu pelajari di era revolusi industri 4.0 menuju era industri 5.0. Tentu saja akan muncul lebih banyak skill yang wajib dikuasai dengan terus berkembangnya teknologi. Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu mempelajari dan berusaha memiliki skill baru.Mari belajar dan berkembang bersama-sama dengan High Tech Teacher Indonesia. Kamu bisa mengikuti berbagai webinar maupun Special Class yang diadakan High Tech Teacher Indoonesia dan temukan lebih banyak pengetahuan dan skill baru kamu, yang tentunya akan sangat bermanfaat! Di sisi lain kamu juga bisa stalking berbagai media sosialnya, karena banyak sekali kiriman-kiriman yang sangat bermanfaat!

Diberdayakan oleh Blogger.