Guru-guru Belajar Bersama HTT ID untuk Mengembangkan Multimedia Pembelajaran Kreatif dan Interaktif Melalui Canva for Education

 Kehadiran Canva memang memberikan pengaruh yang luas dalam berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Canva memberikan dukungan pada dunia pendidikan melalui Canva for Education yaitu fitur Canva yang disediakan khusus untuk guru di mana guru-guru dapat mengakses fitur berbayar atau fitur pro secara gratis. Persyaratan untuk mendapatkan klaim Canva for Education ini terbilang mudah, karena para guru hanya harus menyertakan bukti atau surat keterangan yang menandakan dirinya adalah seorang pengajar.

Namun sayangnya belum banyak guru yang mengetahui akan fitur Canva yang satu ini. Oleh karena itu High Tech Teacher Indonesia mengadakan sebuah Special Class yang diperuntukkan bagi Bapak/Ibu guru yang ingin mengenal Canva for Education lebih dalam. Special Class tersebut dilaksanakan pada 28 November 2021 melalui Zoom Meeting dengan pemateri Bapak Lovandri Dwanda Putra selaku founder High Tech Teacher Indonesia. Setelah sebelumnya terselenggara pertemuan pertama yang dipandu oleh Ibu Pipit Indrawati selaku Education Community Manager Canva Indonesia pada 26 November 2021.

Antusiasme peserta sangat terlihat ketika Bapak Lovandri mengenalkan satu persatu fitur-fitur Canva yang dapat membantu para guru membuat pembelajaran inovatif seperti membuat RPP, presentasi, video pembelajaran, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Bapak Lovandri juga membantu para peserta untuk mengajukan klaim Canva for Education.

Kemudian pada tanggal 3 Desember 2021 menghadirkan pemateri yaitu Mbak Filianti selaku Account Manager High Tech Teacher Indonesia yang juga pemilik surat pencatatan HKI E-Module Interactive Berbasis Canva. Di hari terakhir ini baik Bapak/Ibu Gurudan peserta masih sangat antusias. Di pertemuan ini Mbak Fili mengangkat topik yaitu “Guru Inovatif dan Kreatif untuk Peserta Didik Digital Native” karena di kondisi sekarang para peserta didik, bahkan mulai dari jenjang SD/Sederajat hingga tingkat mahasiswa pasti sudah sangat dekat dan mengenal dunia digital. 

Lalu materi apa saja yang disampaikan di hari ketiga ini? Pemateri menyebutkan kurang lebih ada enam materi yaitu: 1) Mengembangkan interactive e-book; 2) Mendesain pembelajaran berbasis project “Collaborative Learning” dengan melakukan brainstorming di dalam Canva for Education; 3) Cara membagikan project ke peserta didik; 4) Drafting HKI hasil project media atau multimedia pembelajaran berabsis Canva; 5) Praktik pengembangan project perangkat pembelajaran (RPP Merdeka Belajar rencana pembelajaran, informasi pembelajaran, dll); dan 6)  Mengembangkan konten bermanfaat untuk karier peserta didik di masa depan (membuat portofolio, CV, Cover Letter, dll).

Canva Materi SC #18

 

Materi

Pemateri juga memberikan informasi seperti dalam pembuatan e-book terdapat maksimal slide yaitu hanya sampai 100 saja. Jika terdapat lebih halaman maka dapat membuat file lagi dan di halaman terakhir file pertama, dapat mentautkan url yang nantinya akan terhubung ke file kedua e-book tersebut. 

Membuat E-Book di Canva

 

E-Book

Heyzine

Antusiasme peserta juga terlihat seperti banyak yang bertanya terkait materi, tips and tricks dalam pembuatannya dan ada yang berkomentar bahwa Special Class waktunya harus ditambah lagi artinya para peserta benar-benar semangat dalam mengikuti Special Class ini. Apalagi materi yang disampaikan sangat sesuai dengan keadaan saat ini yang mengharuskan guru memiliki inovasi dan kreativitas dalam mengajar peserta didiknya.

 

Peserta Special CLass

Demikianlah gambaran singkat acara Special Class #18 Project Centered yang diadakan oleh High Tech Teacher Indonesia. Namun untuk Bapak/Ibu Guru yang belum berkesempatan mengikuti Special Class jangan khawatir karena High Tech Teacher Indonesia akan mengadakan kelas menarik lainnya pada lain kesempatan. Sampai jumpa di acara Special Class lainnya Bapak/Ibu hebat dari seluruh Indonesia!

Berikut merupakan Daftar Nama Peserta dalam kegiatan ini

Diberdayakan oleh Blogger.