Apa Saja Skill Penting Seorang Pendidik dalam Perkembangan Digitalisasi Pendidikan

Digitalisasi di era sekarang mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Dilihat dari lingkup pendidikan munculnya platform terbesar seperti Microsoft Office, dan aplikasi dari Google seperti Google Classroom sangat berpengaruh dalam menunjang pendidikan di Indonesia berbasis digital. Digitalisasi pendidikan merupakan konsentrasi logis yang terjadi seiring dengan perkembangan jaman. 

Berbagai platform tentunya sangat familiar di kalangan pendidik sekarang ini, baik platform yang berbayar maupun gratis. Pendidik tinggal memilih dan menentukan platform digital mana yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas. High Tech Teacher Indonesia merupakan sebuah forum pendidikan yang memberikan wadah kepada para pendidik, tenaga pendidik, maupun calon pendidikan memberikan informasi kepada masyarakat terkait percepatan digitalisasi pendidikan. 

Dalam perkembangan digitalisasi seorang pendidik tentunya harus mempunyai kemauan untuk belajar dan keluar dari zona konvensional pendidikan. Karena apabila seorang pendidik tidak mampu mengikuti perkembangan digitalisasi pendidikan pastilah akan tertinggal. Mari kita berangkat dengan dua pertanyaan untuk membahas topik ini.

Pertama, apa saja skill yang harus dikembangkan guru dalam percepatan digitalisasi? Kedua, bagaimana seorang pendidik dapat belajar terkait platform yang menunjang pembelajaran?

Menjawab pertanyaan pertama, yakni terkait skill yang harus dimiliki seorang pendidik dalam perkembangan digitalisasi pendidikan. Seorang pendidik tentunya akan terus mengasah kemampuannya dalam pembelajaran. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengaruh positif kepada peserta didik saat belajar. Seorang pendidik yang mempunyai kemampuan dengan teknik yang membangun semangat peserta didik sangat dibutuhkan, oleh karena itu berikut beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang pendidik.

  • Terampil dalam Membuat Media Pembelajaran Menarik
Sumber: freepik.com

Pendidik harus mampu menggunakan media pembelajaran yang menarik di dalam kelas. Maksud dari penggunaan media pembelajaran yang menarik, dapat memberikan kesan semangat belajar dan peserta didik tidak mudah bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Kemampuan ini harus dimiliki oleh setiap pendidik. Dan pastinya pendidik dalam pembelajaran mempunyai karakteristik tersendiri dalam mengelola pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan yang dimiliki dapat dikembangkan dan diasah dengan berbagai hal. Seperti halnya dengan belajar platform digitalisasi untuk membuat pembelajaran interaktif di dalam kelas. Adapun beberapa platform pendidikan yang dapat digunakan yaitu CanvaAssemblrGenially.

  • Terampil Memanfaatkan Media Sosial 
Sumber: freepik.com

Kenapa pendidik harus terampil dalam media sosial? Memang betul bapak/ibu pendidik harus mampu dan bisa dalam mengaplikasikan sosial media. Karena di era perkembangan digitalisasi ini apabila seseorang tidak mampu mengikuti, mereka akan tertinggal. Disuatu ketika apabila peserta didik sudah bosan didalam kelas, pendidik harus mampu memberikan solusi seperti halnya membuat pembelajaran dengan media sosial seperti Intagram, WhatsApp, TikTok, dll. Dengan pemanfaatan media sosial pendidik dapat menyampaikan materi yang akan dibuat.

  • Terampil Menggunakan Search Engine
Sumber: freepik.com

Keterampilan ini dibutuhkan bagi seorang pendidik. Dalam mencari materi atau bahan ajar seorang pendidikan harus mampu mencari topik yang sesuai. Oleh karena itu dalam proses pencarian dengan kata kunci yang sesuai harus diperhatikan, untuk mempermudah dalam menemukan bahan yang dibutuhkan. Adapun platform yang dapat menunjang pencarian bahan ajar yaitu Twinkl.

  • Terampil Menciptakan Game
Sumber: freepik.com

Skill membuat pembelajaran menyenangkan di dalam kelas memang dibutuhkan. Pendidik harus mampu dalam berinteraksi menyenangkan dengan peserta didik. Di dalam kelas seorang peserta didik kerap bosan atau jenuh ketika proses belajar. Oleh hal itu keterampilan menciptakan suasana yang menarik dalam kelas perlu dikembangkan bagi seorang pendidik. Misalnya pendidik dapat membuat game interaktif menggunakan aplikasi seperti Quizizz atau Kahoot.

  • Terampil Berbahasa Asing
Sumber: freepik.com

Pemahaman untuk bisa berbahasa asing jaman sekarang memang sangat dibutuhkan. Seorang pendidikan diharapkan paham terkait makna kalimat Bahasa Inggris yang dijumpai, baik pada media sosial, buku cetak, bahan ajar, bahkan pada kehidupan sehari-hari. Dengan hal itu, dengan dampak globalisasi tersebut pendidik dapat terampil untuk belajar dan memahami bahasa asing.

Sekarang Bapak/Ibu sudah tau skills apa saja yang harus dikembangkan seorang pendidik agar mampu terus eksis di era digitalisasi pendidikan. Kemudian untuk menjawab pertanyaan kedua, Bapak/Ibu dapat memperoleh jawaban dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada pada High Tech Teacher Indonesia. Forum ini akan memberikan kesempatan Bapak/Ibu belajar baik secara gratis maupun berbayar.

Diberdayakan oleh Blogger.