High Tech Teacher Indonesia X MilleaLab Sharing Menganai Virtual Reality untuk Pendidikan Indonesia


 Sabtu, 17 April 2021 High Tech Teacher Indonesia berkolaborasi dengan Millealab mengadakan kegiatan EdTech Webinar #14 bertajuk, “Urgensi Virtual Reality (VR) dalam Pembelajaran Masa Depan dan Bagaimana Mengimplementasikannya dengan Mudah”.

Kegiatan yang diselenggarakan melalui pertemuan virtual pada aplikasi Zoom ini diawali oleh pemberian sambutan Ibu Dra. Heni Indarti selaku Kepala Balai Tekkomdik/ BTKP Dinas Dikpora DIY serta Bapak Budi Santosa Asrori, S.E., M.Si selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta.

Materi seputar “VR untuk Pendidikan” dan “Implementasinya untuk Pendidikan di Indonesia” masing-masing disampaikan oleh Bapak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd selaku Founder High Tech Teacher Indonesia dari Universitas Ahmad Dahlan serta Bapak Andes Rizky selaku Founder & Managing Director Shinta VR – Millealab, Leader of INVRA (Indonesia VR/AR Association), sekaligus Expert on VR for Education (Pedagogy & Applications).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak/Ibu pendidik dari seluruh Indonesia serta berpartisipasi dalam kegitan ini, Inez Cosmetics sebagai pihak sponsor kegiatan. Untuk memeriahkan kegiatan, pihak Inez Cosmetics memberikan 15 paket Inez Cosmetics untuk peserta terpilih.

Berdasarkan form feedback yang disiapkan panitia dan telah diisi oleh peserta, diperoleh data bahwa melalui kegiatan ini banyak Bapak/Ibu pendidik dari berbagai penjuru Indonesia yang akhirnya memahami Virtual Reality (VR) untuk pendidikan. Selain itu Bapak/Ibu juga memiliki keinginan untuk segera mempelajari pengembangan konten VR dengan menggunakan tool yang mudah, dalam hal ini adalah MilleaLab.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Bapak Ichwan Sagita, S.Pd dari SMPN 2 Tanjung Raja Kab. Lampung Utara, yang menyatakan “Sangat penasaran mengenai teknologi VR, semoga workshopnya dapat dilaksanakan secepatnya.”

Ibu Dewi Setianingsih, MH dari SMKN 39 Jakarta, juga menyampaikan “Luar biasa, sangat memacu kita sebagai pendidik untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensi”. Hal senada disampaikan oleh Ibu Yovita Dian Putranti, S.Pd dari SD Joannes Bosco Kota Yogyakarta, “Saya mendapat banyak pandangan di masa depan terutama tentang pengembangan teknologi yang semakin cepat dan pesat perkembangannya.”

Bapak Wafirul Aqli, ST., M.Sc., seorang dosen dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, juga memberikan kesan “Menarik, mendapat wawasan baru yang sebelumnya hanya didengar terminologinya saja.”

Bapak/Ibu yang ketinggalan kegiatan ini bisa menyimak di channel YouTube High Tech Teacher di bawah ini.

AKSES REKAMAN VIDEO YOUTUBE DI SINI

Diberdayakan oleh Blogger.