HTT ID Memfasilitasi Pendidik untuk Berlatih Mengembangkan Microblog sebagai Media Pembelajaran


Di era digital saat ini, Microblog berkembang sangat pesat dan banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk membagikan informasi yang bermanfaat dalam bentuk yang tidak membosankan. Bahkan tatkala terjadi pandemi covid-19 dan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (distance learning), keberadaan Microblog diakui sebagai salah satu alternatif dalam menciptakan pembelajaran yang tepat untuk peserta didik sebagai sosok digital native.

Akan tetapi, banyak pendidik yang merasa bahwa mengembangkan konten Microblog merupakan suatu hal yang sangat sulit. Di sisi lain juga hal tersebut dianggap sebagai sesuatu yang memakan waktu sangat lama. Akhirnya saat ini masih sedikit pendidik yang belum mengimplementasikan Microblog sebagai media pembelajaran.

Microblog adalah sebuah alat untuk memfasilitasi praktik penciptaan pengetahuan di kalangan penduduk media sosial. Secara spesifik, Microblog dapat ditujukan untuk peserta didik kita sekaligus sebagai sebuah alat untuk menciptakan lingkungan media sosial yang sehat, informatif dan membangkitkan semangat berdiskusi.

Berdasarkan hal tersebut, Sabtu, 24 April 2021 telah terselenggara kegiatan EdTech Webinar #17 yang diinisiasi oleh High Tech Teacher Indonesia, bertajuk, “Microblog sebagai Media Pembelajaran”. Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah Ibu Yoga Angelina, S.Pd yang merupakan seorang guru di Guru SDN Duri Pulo 05 Jakarta Pusat dan seorang SRB (Sahabat Rumah Belajar) DKI Jakarta.

Banyak peserta yang antusias terhadap kegiatan ini, hal ini seperti yang disampaikan oleh Ibu Euis Yunaningsih, S.Pd dari SDN Cideng 09, yang menyampaikan “Sangat bermanfaat sekali kegiatan ini menambah wawasan tentang Ms. Powerpoint dengan berbagai macam variasi.” Hal senada disampaikan oleh Bapak Armaini Suryana, S.Pd dari SMP Negeri 2 Syiah Utama, Redelong Kabupaten Bener Meriah, “Selama mengikuti kegiatan EdTech Webinar saya semakin tahu bahwa dari aplikasi Ms. Powerpoint bisa membuat media pembelajaran yang menarik dan membuat anak didik tidak bosan.”

Ibu Risa Afriani Zurin Pasaribu dari UIN Sumatera Utara Medan juga menyampaikan, “Alhamdulillah barakallah atas ilmu yang bermanfaat yang telah dijelaskan dan dipaparkan oleh Ibu Yoga Angelina. Untuk saya Webinar ini sangat berkesan dan saya mendapatkan ilmu baru dari webinar ini. Penjelasan yang diutarakan oleh Ibu Alin sangat bagus, terstruktur, dan jelas, sehingga audience faham akan penjelasan beliau. Barakallah. Assalamu'alaikum.”

Pendidik dari wilayah Timur Indonesia juga turut bergabung, salah satunya adalah Ibu Atriyanti Sumule S.Pd dari SD Persiapan Negeri Atamec / Asmat, “Terima kasih webinar ini sangat bermanfaat dan cocok sekali digunakan untuk media pembelajaran di sekolah dasar”.

Bapak/Ibu yang ketinggalan kegiatan EdTech Webinar #17 dapat menyimaknya di video YouTube High Tech Teacher Indonesia di bawah ini.

KLIK DI SINI UNTUK AKSES REKAMAN EDTECH WEBINAR #17 - MICROBLOG

Diberdayakan oleh Blogger.