KAHOOT! UNTUK KELAS LEBIH FUN AND INTERESTING DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH


Pandemi covid19 memberikan dampak yang kurang menyenangkan dalam berbagai bidang, terutama bidang pendidikan. Pandemi ini menyebabkan terjadinya perubahan kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya dapat dilakukan dengan bertatap muka di sekolah, namun kini menjadi pembelajaran jarak jauh atau ada yang menyebut SFH (School From Home). Dalam hal ini, baik pengajar maupun peserta didik akan mengalami perubahan dalam pembelajaran. Pada masa pandemi ini, pengajar dituntut untuk menghadirkan suasana pembelajaran jarak jauh yang tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan. Beruntung, teknologi dalam dunia pendidikan juga sudah banyak dan bervariatif sehingga kegiatan belajar mengajar jarak jauh ini bisa lebih maksimal.

Apa itu Kahoot! ?

Kahoot! merupakan platform gratis untuk memainkan kuis pembelajaran yang dapat menghadirkan suasana kuis yang meriah. Dengan bermain Kahoot! ini pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan menantang. Cara masuk dan bermain dengan Kahoot! sangat mudah dan tampilannya yang berwarna membuat peserta didik tertarik. Setiap pertanyaan dalam kuis memiliki batas waktu. Semakin cepat dan benar siswa menjawab, ia akan mendapatkan nilai skor yang besar. Nama-nama siswa dengan skor tertinggi akan ditampilkan setiap pertanyaan selesai sehingga sistem ini membuat kelas menjadi kompetitif dan menyenangkan. Kahoot! memiliki keuntungan utama yaitu bagi pengajar dan peserta didik bisa mengakses platform ini secara gratis dan tanpa batasan penawaran atau waktu. Permainan ini bisa menjadi alternatif bagi pengajar untuk belajar sambil bermain agar pembelajaran tidak terasa membosankan.

Apa yang Bisa Guru Lakukan dengan Kahoot! ?

Kahoot! dapat memfasilitasi guru dalam pembelajaran jarak jauh dan terhubung dengan para siswa meskipun mereka tidak berada di kelas. Guru bisa memberi tugas, menyuguhkan Kahoot! live via video conferencing, meningkatkan pertayaan dengan tiper pertanyaan lanjutan (puzzle dan open-ended) dan menggunakan laporan untuk formatif asesmen. Selain itu, dengan aplikasi ini guru dapat menghemat waktu dalam mengoreksi tugas karena nilai akan secara otomatis muncul.

Diberdayakan oleh Blogger.