KEGIATAN TIM HTT.ID SEBAGAI INSTRUKTUR KMMI DI PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Selasa, 31 Agustus 2021 tim High Tech Teacher Indonesia telah melaksanakan serangkaian acara Kegiatan Training Cyber Counseling Class yang difasilitasi oleh program studi Bimbingan Konseling, FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan Training Cyber Counseling Class merupakan bagian dari program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan bulan Agustus sampai September 2021 yang dibimbing langsung oleh tim High Tech Teacher Indonesia dan dosen dari Universitas Ahmad Dahlan.

Kegiatan kursus singkat ini terbatas untuk 160 pendaftar mahasiswa dari seluruh Indonesia yang memenuhi persyaratan berikut : mahasiswa aktif (minimal semester 3) dari perguruan tinggi di Indonesia, mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling atau program studi serumpun, dan mendapatkan surat rekomendasi dari perguruan tinggi asal. Untuk fasilitas yang didapatkan oleh mahasiswa yaitu berupa uang saku, sertifikat, konversi mata kuliah, dan keterampilan yang sangat dibutuhkan di era digital agar mampu memenangi persaingan secara global.

 

Kegiatan Training Cyber Counseling Class ini terdiri dari 4 kelas yang setiap kelasnya terdapat 2 orang pemateri dari tim HTT.ID dan dosen Universitas Ahmad Dahlan. Pada instruktur kelas A dan B yaitu Bapak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd dan 1 dosen BK UAD. Sedangkan Instruktur kelas C dan D yaitu Filianti, S.Pd dan 1 dosen BK UAD.  Kursus singkat ini dilaksanakan mulai bulan Agustus sampai September 2021 dan hari ini merupakan pertemuan yang ke 9. Materi yang dijelaskan dalam kegiatan Training Cyber Counseling Class adalah bagaimana cara membuat website dan juga aplikasi android untuk Cyber Counseling. Untuk pertemuan yang ke 9 ini, materi yang dipaparkan terkait pengantar website. Gusmiar Edy Candra, S.Pd selaku Tim IT High Tech Teacher Indonesia juga turut serta dalam memberikan materi di sesi ke-10 pada Kamis, 2 September 2021.

Harapan dengan adanya pembelajaran kegiatan training oleh HTT.ID kepada mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling adalah dalam kegiatan pemberian layanan bimbingan dan konseling mereka dapat memanfaatkan keterampilan menggunakan media informasi dan teknologi melalui situs web dan smartphone android dengan teknologi baru terupdate.

Diberdayakan oleh Blogger.