Microsoft Teams for Education, Satu Platform untuk Semua Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh

 

Pembelajaran jarak jauh lebih interaktif dengan Microsoft Teams for Education - High Tech Teacher Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak pandemi Covid-19 hingga saat ini. Hal ini mengakibatkan penurunan kegiatan di berbagai aspek tidak terkecuali aspek pendidikan. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah demi menanggulangi pandemi ini. Pemerintah juga membuat kebijakan untuk proses pembelajaran yang dilakukan dari rumah atau daring. Seluruh sekolah dipaksa harus dapat mengalihkan pembelajaran di sekolah menjadi belajar dari rumah.

Terlebih guru atau tenaga pendidik yang juga dituntut kreatif dalam memberikan bahan ajar dan memanfaatkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dipilih harus dapat menarik minat belajar siswa dan interaktif. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran jarak jauh yakni Microsoft Teams for Education.

Apa itu Microsoft Teams for Education?

Microsoft Teams for Education merupakan salah satu media pembelajaran online yang dirancang di dalam Microsoft 365. Microsoft Teams for Education berisi percakapan, konten, penugasan, dan aplikasi di satu tempat. Microsoft Teams for Education memudahkan guru menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif. Microsoft Teams for Education memudahkan belajar jarak jauh dan terhubung secara sosial seperti belajar di kelas sesungguhnya. Microsoft Teams juga memudahkan peserta didik dan guru dapat tetap berkomunikasi dan saling membantu menggunakan percakapan dan pertemuan langsung secara daring. Guru juga dapat mengontrol keaktifan peserta didik dalam tugas-tugas yang diberikan.

Apa Fitur dan Kemudahan yang Ditawarkan Microsoft Teams for Education? Aplikasi ini memiliki berbagai fitur andalan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh. Selain itu, pengguna aplikasi ini dapat membuat channel yang dikategorikan setiap tim. Namun, pengguna juga masih tetap bisa melakukan komunikasi secara personal. Pengguna harus sign in untuk dapat menggunakan aplikasi ini, baik dengan akun pribadi maupun akun instansi. Setelah proses sign in berhasil, pengguna akan menikmati fitur-fitur seperti chat pencarian unlimited, komunikasi dengan tim kecil maupun besar (sampai 500.000 pengguna), meeting online (audio, video) dan screen sharing, file storage yang cukup besar, kolaborasi langsung menggunakan aplikasi Office (Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote), menggunakan lebih dari 450 aplikasi yang sudah terintegrasi, serta keamanan data.

Diberdayakan oleh Blogger.