Padlet : Platform Media Pembelajaran DIGITAL Power full untuk Guru dan Peserta Didik Selama Pembelajaran Jarak Jauh

 Apa itu Padlet?

Padlet adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan seorang para penggunanya untuk berkolaborasi bentuk teks, foto, tautan atau konten lainnya. Setiap ruang kotak ini disebut “wall” (dinding) yang dapat digunakan sebagai papan buletin pribadi.

Kelebihan Padlet Sebagai Media Pembelajaran?

Masih banyak Guru yang belum mengetahui ada aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat berkolaborasi dengan peserta didik. Berikut ini beberapa kelebihan dari Padlet yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

  1. Gampang di gunakan dan tidak butuh waktu lama untuk memahami cara kerjanya. Selain itu, padlet juga memiliki tampilan yang menarik.
  2. Memiliki ruang untuk berkreasi dengan menambahkan gambar (picture) suara (voice), catatan (note) dan video
  3. Dapat diakses melaui Laptop/PC dan smartphone.
  4. Hasil pembelajaran berupa penjelasan materi dengan padlet ini dapat di expor menjadi gambar  (dengan format .jpeg) atau pdf. Hal ini memudahkan peserta didik untuk mereview kembali pelajaran mereka setelah selesai Kegiatan belajar mengajar (KBM). File yang sudah di ekspor juga dapat di share ke orang tua atau wali murid. Hal ini memungkinkan peserta didik maupun guru dapat melihat pembelajaran yang lalu.
  5. Memiliki fitur comment yang bisa diaktifkan sehingga dapat terjadi interaksi dua arah antara guru dan murid.
  6. Live Chat, yaitu guru dan peserta didik dapat mengetahui langsung saat itu apa yang sedang diketik oleh peserta didik.

Bagaimana Cara Menggunakan Padlet?

Setelah sebelumnya dijelaskan beberapa keunggulan Padlet sebagai Media Pembelajaran, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, berikut caranya.

Langkah 1. Daftar

Jika ini adalah pengalaman pertama anda, anda akan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Klik disini untuk mendaftar akun Anda. Setelah itu Anda akan diarahkan ke website resminya.

Langkah untuk membuat akun baru adalah :

  • Tulis email Anda
  • Ketik Kata Sandi (Password) yang ingin Anda buat
  • Centang kotak “Saya berarti
  • Klik “Daftar

Catatan : Anda juga dapat mendaftarakan akun Padlet ini dengan menggunakan akun google anda sendiri (gmail), Microsoft atau melalui akun Apple anda.

Langkah 2. Pilih Keanggotaan

Langkah selanjutnya adalah Anda diminta untuk memilih jenis keanggotaan Anda. Terdapat dua jenis keanggotaan (membership), yaitu

Paket Basic (Gratis) : Hanya untuk 3 Padlet dengan kapasitas drive penyimpanan hanya 10MB dan fitur yang disediakan juga standar

Paket Pro Ini adalah paket berbayar (harga mulai Rp50.000/Bulan). Anda dapat membuat unlimited padlet, drive penympanan 250MB dan memiliki akses prioritas ke aplikasi ini.

Langkah 3. Membuat Padlet sebagai Media Pembelajaran

Anda dapat memulai membuat media pembelajaran Anda. Ada beberapa menu yang tersedia antara lain :

‘Buat Padlet’. Jika Anda memilih menu ini, maka Anda akan membuat file padlet baru yang akan digunakan sebagai media pembelajaran Anda.

Gabung Padlet‘. Menu ini digunakan untuk peserta didik Anda. Mintalah mereka mengklik menu ini agar dapat berkolaborasi dengan padlet Anda yang sebelumnya sudah dibuat dan menyebarkan link atau kode QR kepada peserta didik.

Galeri‘. Menu ini berupa media penyimpanan galeri standar (template) yang telah disediakan oleh padlet ataupun para pengguna lainnya.

Langkah 4. Pilih Kriteria Padlet

Ada beberapa tipe/kriteria padlet yang telah disediakan sebagai fitur standar. Antara lain :

  • Kolom
  • Peta
  • Kronologi
  • Dinding
  • Kanvas
  • Daftar
  • Kisi

Memodifikasi Tampilan Padlet saat Pembelajaran

Anda sebagai pembuat link padlet dapat memodifikasi tampilan anda seperti mengganti judul, tampilan background, tema dinding, font, memberikan fitur komentar agar peserta didik dapat langsung memberikan tanggapan ke setiap jawaban peserta didik lainnya dan anda dapat langsung memberikan nilai kepada peserta didik.

Inilah Tampilan Modifikasi

Tampilan Padlet untuk Media Pembelajaran.

Inilah tampilan untuk memulai menggunakan Padlet. Anda dapat mulai berkreasi dengan aplikasi ini dan siswa juga dapat menuangkan kreativitasnya sehingga pembelajaran merasa lebih menarik.

Catatan : Ini adalah tampilan dengan menggunakan fitur Kanvas. Dimana Anda maupun Peserta didik dapat memindahkan dinding ke tempat sesuai yang diinginkan.

Diberdayakan oleh Blogger.