WORDWALL "Solusi untuk Pembelajaran Jarak Jauh yang Lebih Interaktif"


Pandemi covid-19 telah berdampak besar terhadap berbagai aspek termasuk pendidikan,  yang awalnya dilakukan secara tatap muka di ruang kelas, sekarang beralih menjadi daring atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) . Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru karena diharuskan untuk bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi dan dituntut untuk bisa berinovasi dalam membuat media pembelajaran, agar peserta didik dapat tetap aktif dan interaktif walaupun pembelajaran dilakukan secara daring. Salah satu platform digital yang dapat membantu guru dalam menciptakan media pembelajaran interaktif adalah wordwall.

Apa itu Wordwall?

Wordwall for education adalah platform digital berbasis website yang berperan penting dalam membantu guru terutama di masa pandemi sekarang ini. Wordwall for education dapat menjadi wadah bagi guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga peserta didik tidak akan merasa bosan dengan materi yang disampaikan, karena wordwall menyediakan template yang beragam. Selain itu wordwall juga cocok untuk merancang evaluasi untuk menilai tingkat pemahaman siswa.

Apa yang bisa dilakukan dengan Wordwall?

Dengan menggunakan Wordwall guru dapat membuat game edukasi untuk mengatasi kejenuhan peserta didik selama mengikuti pembelajaran, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam menerima materi pembelajaran. Wordwall dirancang  untuk membuat game edukasi berbasis kuis yang dapat membantu guru dalam mengukur tingkat pemahaman peserta didik.

Keunggulan Wordwall

Keunggulan dari wordwall adalah tampilannya yang sederhana, sehingga mudah digunakan untuk pendidik maupun peserta didik, selain itu fitur yang disediakan juga lengkap dengan template yang beragam yang dapat diakses secara gratis serta peserta didik dapat langsung mengerjakan kuis tanpa harus membuat akun terlebih dahulu.

Kekurangan Wordwall

Platform ini lebih cocok diterapkan untuk pendidikan tingkat dasar, karena materi pembelajarannya yang belum terlalu kompleks, sehingga kurang cocok diterapkan untuk materi pelajaran yang terlalu kompleks dan membutuhkan pemahaman yang mendalam.

Berikut merupakan contoh dari tampilan game edukasi wordwall.



Diberdayakan oleh Blogger.