Cerita Keseruan Guru-guru Se-Nusantara dalam Mempelajari Canva for Education di Webinar High Tech Teacher Indonesia

 Canva merupakan salah satu platform desain yang sangat menarik. Melalui penggunaan Canva, kita dapat membuat berbagai media maupun multimedia pembelajaran menarik untuk menciptakan proses pembelajaran agar lebih komunikatif dan interaktif. Penggunaan Canva dalam pengembangan media pembelajaran ini sangat penting, mengingat saat ini kita berada di Abad 21 di mana para peserta didik akan lebih menyukai metode pembelajaran yang menggabungkan teknologi di dalamnya.

Pada hari Jum’at 26 November 2021, High Tech Teacher Indonesia mengadakan kegiatan Webinar bersama Official Canva Indonesia yang bertajuk “Membangun Kelas Kreatif dan Kolaboratif untuk Peserta Didik Digital Native Melalui Canva for Education”. Ibu Pipit Indrawati selaku Education Community Manajer Canva Indonesia turut menjadi pemateri dalam kegiatan ini dan dibantu oleh Bapak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd selaku Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sekaligus Founder HTT ID sebagai narasumber.

Kegiatan dilakukan secara online melalui Zoom Meeting dan bimbingan melalui grup Telegram. Dalam acara tersebut peserta yang mengikuti kegiatan diajarkan untuk mendapatkan akses akun Canva For Education. Penggunaan Canva For Education, memungkinkan penggunanya untuk dapat menikmati banyak sekali fitur-fitur di dalamnya. Canva sebagai platform desain kini juga hadir untuk Pendidikan di Indonesia bahkan dunia dan sangat berguna bagi pendidik dalam upaya untuk mengembangakan media pembelajaran. Canva For Education memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan untuk para pendidik. 

Dalam kegiatan tersebut, banyak sekali materi menarik yang dibahas, yakni: 1) Karakteristik peserta didik saat ini dan bagaimana cara melakukan pembelajaran yang efisien untuk mereka; 2) Peran Canva dalam optimalisasi pembelajaran di Abad 21; 3) Teori seputar dasar-dasar desain yang menarik peserta didik selaku digital native; dan 4) Cara pembuatan akun Canva dan klaim akun Canva for Education untuk guru.

Keseluruhan acara berjalan sangat seru, para peserta sangat antusias. Hal ini dibuktikan melalui banyak feedback positif yang diberikan peserta. Jelita seorang mahasiswa kependidikan dari Universitas Ahmad Dahlan menyampaikan, “Semoga kegiatan seperti ini dapat terlaksana kembali karena sangat bermanfaat untuk siswa, mahasiswa, guru, dan calon guru”. Sedangkan Ibu Iis Sugiarti guru di SDN 009 Bukit Sari Intan Jaya menyampaikan “Canva merupakan aplikasi yg dibutuhkan guru saat ini, untuk membuat desain pembelajaran yang menarik minat belajar peserta didik”. 

Sedangkan Ibu Meri Yuliani seorang guru dari SDIT El-Mustawa Kota Batam menyampaikan “Saya sangat senang dan beruntung mengikuti webinar ini. Dengan adanya webinar ini saya menjadi tahu bagaimana cara mengkreatifkan siswa saya dan tentunya saya sendiri dalam membuat desain baik dalam presentasi maupun video pembelajaran yang menarik dan kreatif

Dalam kegiatan yang terbatas waktu tersebut, banyak sekali materi tentang penggunaan Canva yang masih menarik untuk dibahas lebih dalam lagi dan tentunya akan sangat bermanfaat! Jika Bapak/Ibu tertarik untuk dapat belajar bersama-sama dengan tim High Tech Teacher Indonesia, Anda dapat bergabung pada Special Class berikutnya dengan mengakses tautan berikut: https://httid.typeform.com/canvaforedu21

Diberdayakan oleh Blogger.