Fasilitator HTTID Dampingi Pendidik Indonesia Kembangkan Konten E-Learning Menggunakan Nearpod


 Pembelajaran di era pasca pandemi covid-19 tetap dilakukan dengan menggunakan prinsip bahwasannya media digital merupakan elemen terpenting dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, pendidik sebagai fasilitator utama dalam kegiatan belajar-mengajar harus mampu mengembangkan konten media pembelajaran digital. Adapun pengembangannya akan lebih baik apabila memanfaatkan platform/software/aplikasi yang mudah digunakan.

High Tech Teacher Indonesia sebagai forum sekaligus platform tempat pendidik dan calon pendidik belajar cara memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran, telah mengadakan Special Class #19 bertajuk “Nearpod sebagai E-Media Efektif untuk Pembelajaran Interaktif”. Di kegiatan ini High Tech Teacher Indonesia menghadirkan salah satu fasilitatornya yang datang dari SMPK 1 BPK PENABUR Bandung, yakni Bapak Roberto Santana Molle, S.Kom., M.M.

Acara ini dilakukan secara daring melalui Zoom, Google Meet dan pendampingan intensif di kelas Google Classroom serta grup WhatsApp. Di pertemuan pertama yang diselenggarakan melalui Zoom pada tanggal 11 Juli 2022, instruktur memaparkan materi terkait deskripsi Nearpod, bagaimana memanfaatkan Nearpod di era pembelajaran tatap muka, mengenal fitur-fitur Nearpod, dan mendaftar akun di Nearpod.

Di hari kedua yang dilakukan melalui Zoom, instruktur memaparkan materi secara praktik terkait bagaimana cara menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh Nearpod. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta dalam mengimplementasikan penggunaan Nearpod di dalam pembelajaran daring maupun tatap muka nantinya. Di sesi kedua kegiatan berjalan dengan sangat seru yang dibuktikan dengan munculnya antusiasme peserta dalam melakukan tanya-jawab. Di sisi lain sebagian peserta juga langsung mempraktikkan apa yang instruktur jelaskan.

Di sesi ketiga yang diselenggarakan melalui Google Meet, peserta diajak untuk melakukan praktik secara lebih kompleks dengan memanfaatkan beragam fitur Nearpod yang dapat mendukung pembelajaran menjadi lebih menarik. Setelah pertemuan ketiga, peserta berhasil mengembangkan konten media pembelajaran digital melalui Nearpod. Guna memaksimalkan pendampingan kepada seluruh peserta, dilakukan kegiatan pendampingan intensif melalui kelas Google Classroom serta grup WhatsApp mulai tanggal 10 - 16 Juli 2022.

Terima kasih Bapak/Ibu Pendidik Hebat telah bergabung dengan kegiatan ini. Semoga dapat terus menghasilkan karya berupa multimedia digital yang dapat dimplementasikan pada pembelajaran Bapak/Ibu di sekolah maupun kampus. Berikut merupakan dokumentasi kegiatan serta daftar nama peserta dari Special Class #19 ini.

Daftar-Nama-Peserta-Special-Class-19-Nearpod-Juli

Diberdayakan oleh Blogger.