Menambah Pengetahuan Pendidik dengan Belajar Interaktif Menggunakan Quizizz dalam EdTech Webinar #25

 Percepatan digitalisasi dalam dunia pendidikan begitu pesat. High Tech Teacher Indonesia sebagai salah satu platform sekaligus forum pendidikan di Indonesia yang berkolaborasi dengan platform-platform digital. Quizizz merupakan aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran, misalnya dalam penilaian atau evaluasi bagi peserta didik. Hal ini, tentunya sejalan dengan HTTID yang berkomitmen membantu dalam perkembangan digitalisasi pendidikan. 

Kegiatan EdTech Webinar #25 telah dilaksanakan secara daring melalui ZOOM Meeting hari Rabu, 10 Agustus 2022 berjalan lancar. Keseruan pecah saat acara hendak dimulai. Pendaftar pada webinar kali ini melebihi kuota yang disediakan, sangat tampak pada saat link pendaftaran di publish pada social media maupun website. Antusias Bapak/Ibu guru dalam acara ini didasari pada rasa ingin tahu terhadap platform yang sedang terus mengembangkan fitur terbaru yaitu, Quizizz. Pada kesempatan kali ini HTTID melaksanakan acara EdTech Webinar #25 dengan bertajuk “Live Interaction With Quizizz Whiteboard and Spin Wheel” yang dibawakan langsung oleh narasumber Agus Supriyanto, M.Pd., beliau adalah Teacher of SMP Insan Cendekia Sukoharjo, Jawa Tengah & Official Trainer High Tech Teacher Indonesia. 

Acara EdTech Webinar kemarin dibuka langsung oleh moderator Yiska Gio Kusuma selaku Super Team dari HTTID, acara selanjutnya yaitu sambutan oleh Founder High Tech Teacher Indonesia, Lovandri Dwanda Putra, M.Pd. Beliau memperkenalkan secara singkat profil PT Indonesia Cakap Digital (High Tech Teacher Indonesia). Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi terkait fitur baru Quizizz oleh Agus Supriyanto, M.Pd. Beliau menjelaskan secara singkat tentang platform Quizizz. Selain itu juga menjelaskan bahwa platform ini sangat membantu dan memudahkan pendidik. Quizizz bisa digunakan dan dicari pada website secara langsung. Dan fitur terbarunya yaitu Live Whiteboard and Spin Wheel dapat membantu guru dalam pembelajaran. 

Pada webinar kali ini beliau menunjukkan praktik secara langsung terkait Live Whiteboard dan Spin Wheel. Live Whiteboard sendiri dapat memudahkan guru dalam menjelaskan secara langsung dengan papan tulis interaktif saat mereka bermain kuis menggunakan mode kecepatan guru. Sedangkan untuk Spin Wheel membantu pendidik dalam menentukan dan memilih peserta didik dalam melakukan presentasi atau menjelaskan jawaban secara interaktif melalui Quizizz. 

Dalam kegiatan webinar seluruh peserta sangat antusias dengan materi yang disampaikan. Dapat dibuktikan dari banyaknya peserta yang mengikuti praktik langsung kemarin malam. Selain itu juga, dari Bapak/Ibu sangat antusias ingin bertanya secara langsung oleh pemateri. Namun dikarenakan memang waktu sudah larut malam dan tidak memungkinkan jika seluruh pertanyaan dijawab langsung. Salah satunya yaitu Ibu Desi Puspita Supriyanto, S. Pd dari SMP Negeri 11 Tapung Kabupaten Kampar, yang menyampaikan “Sangat bermanfaat, karena dapat membantu guru dalam melakukan pembelajaran interaktif yang berguna meningkatkan kemampuan belajar yang lebih baik dan menyenangkan.”. IBu Titik Rahayu Dwi Astuti, S.Pd dari SMK N 1 Semarang juga menyampaikan penpadatnya, “Antusias sekali karena materi Quizizz ini sangat bermanfaat sekali dalam saya mengajar kepada peserta didik untuk pembelajaran interaktif dan menarik. Tadi cuma terkendala sinyal untuk bisa praktik ke Quizizz jadi agak terkendala.”

Dalam acara kemarin malam juga banyak yang memberikan saran serta msukan kepada kami karena memang pelaksanaannya melalui virtual jadi kendala utamanya adalah sinyal. Seperti yang di sampaikan Ibu Dra. Yuntikanah dari SMAN 2 Ngaglik kab Sleman “Sebenarnya materi menarik, tapi tidak lancar zoomnya Quizz interaktif dibatasi pesertanya, supaya tidak mengganggu jalannya quiz . Demontrasinya jangan terlalu cepat. Bisa diulang ,agar yg masuk terlambat,tetap dapat ilmunya.”

Bagi Bapak/Ibu yang belum sempat hadir dan ketinggalan dalam EdTech Webinar #25, dapat langsung menyimak pada Youtube kami. EdTech Wbinar #25

Berikut merupakan postingan Instagram terkait dokumentasi EdTech Webinar #25. Instagram hightechteacher_id

Diberdayakan oleh Blogger.