Rekomendasi Aplikasi Interaktif Penunjang Pembelajaran

Penggunaan bahan pembelajaran yang kreatif dapat menarik minat peserta didik dalam proses belajar. Supaya lebih fokus dan bersemangat ketika belajar, seorang pendidik harus mampu memberikan pembelajaran interaktif untuk peserta didik.  Digitalisasi pendidikan di Indonesia berkembang begitu pesat, dilihat dari platform-platform pendidikan yang hadir untuk membantu pendidik dalam membuat ataupun menyusun materi pembelajaran. 

Dari perkembangan tersebut terbukti bahwa keterampilan digital untuk pendidik harus ditingkatkan. Kemudian bagaimana seorang pendidik dalam meningkatkan keterampilan dasar? 

Keterampilan dasar digital untuk pendidik memang dapat dilatih dan dikembangkan. Seiring perkembangan digitalisasi. Dari pemaparan tersebut kami memberikan beberapa rekomendasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

Adapun beberapa aplikasi yang dapat digunakan diantaranya:

  • Prosa.ai

Prosa.ai merupakan platform pemrosesan Bahasa Alami (NLP), mulai dari analisis teks dan Conversational Al hingga pengenalan suara bahasa indonesia. Untuk pencarian platform ini hanya searching pada website. Adapun linknya sebagai berikut Prosa

  • Canva

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang menjembatani pengguna nya agar dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Adapun linky sebagai berikut Canva

  • Asemblr EDU

Asemblr Edu merupakan inovasi berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar murid melalui pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa baik menggunakan objek dua dimensi atau tiga dimensi. Adapun linknya bisa diakses sebagai berikut Assemblr

Rekomendasi aplikasi tersebut dapat membantu pendidik dalam membuat materi pembelajaran di kelas. Dalam pembelajaran di kelas seorang pendidikan tentunya menggunakan media pembelajaran yang membuat peserta didik aktif dan interaktif agar peserta didik tidak bosan.

Wah banyak sekali memang platform yang dapat membantu seorang pendidik. Munculnya banyak platform merupakan bagikan sumber daya digital dan perkembangan teknologi, jadi bukan mempersulit tapi justru memberikan kemudahan bagi pendidik dalam proses pembelajaran di kelas.

Paparan di atas merupakan keterampilan yang sebaiknya dipelajari oleh pendidik di era digitalisasi pendidikan. Karena apabila pendidik tidak mempunyai tekad mengikuti perkembangan zaman tersebut akan mengalami ketertinggalan. Oleh karena itu, tidak salahnya apabila pendidik  berusaha mengembangkan kemampuan baru. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengikuti EdTech Webinar atau Special Class yang diadakan High Tech Teacher Indonesia. Atau bisa stalking di berbagai media sosial kami.

Diberdayakan oleh Blogger.