Prosa.AI Teknologi Kecerdasan Buatan dan Speech Processing, Didukung Natural Language Processing (NLP) untuk Menunjang Pendidikan di Era Kurikulum Merdeka

High Tech Teacher Indonesia merupakan platform sekaligus forum pendukung percepatan digitalisasi pendidikan di Indonesia berupaya memberikan wadah kepada pendidik dalam mementaskan permasalahan perkembangan teknologi.  Beberapa waktu yang lalu HTTID melaksanakan Special Class dan berkolaborasi langsung dengan Prosa.AI. Dilansir dari website resmi Prosa.AI saat ini meluncurkan fitur-fitur yang dapat membantu seorang pendidik maupun masyarakat luas dalam perkembangan digitalisasi.

Prosa.AI resmi menjadi official partner HTTID. Prosa.AI merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Kecerdasan Buatan (AI), khususnya Pemrosesan Bahasa Alami (NLP), dalam Bahasa Indonesia. Penggunaan audio suara atau dubbing dalam perkembangan era digitalisasi sekarang berkembang pesat. Tidak hanya dalam lingkup video humor seperti pada aplikasi TikTok, tetapi dalam dunia pendidikan juga sangat membantu pendidik dalam penyampaian materi.

Prosa.AI luncurkan fitur yang memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan suara dan tentunya dengan bantuan teknologi, salah satunya adalah Prosa Text to Speech (TTS). Penggunaan fitur Prosa Text to Speech (TTS) dibutuhkan saat ini untuk beberapa keperluan. Salah satunya dalam dunia pendidikan dapat membantu pendidik guna menyampaikan materi yang menarik. HTTID dengan Prosa.AI memperkenalkan fitur baru tersebut, yang dalam perkembangannya memberikan pengaruh positif khususnya dalam digitalisasi pendidikan.

Fitur yang dapat membantu dan dimanfaatkan oleh pendidik maupun masyarakat adalah Prosa Text to Speech (TTS). Prosa TTS merupakan layanan berlangganan terbaru yang berbasis Cloud dari Prosa. Diketahui fitur yang dikembangan oleh perusahan NLP terbaik Indonesia ini adalah memudahkan pengguna dalam konversi otomatis teks Bahasa Indonesia menjadi ucapan Sintesis. Teknologi yang digunakan, mampu menghasilkan suara intonasi alami yang menyerupai manusia. 

Berikut video terkait Prosa.AIProa.AI

Percepatan digitalisasi tentunya mendorong semua pihak, khususnya pendidik untuk melek dalam teknologi. Pendidik dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman. Kemudian bagaimana seorang pendidik mampu menggunakan fitur ini? Dalam artikel ini High Tech Teacher Indonesia memberikan gambaran bagaimana para pendidik dalam mengaplikasikan fitur Prosa TTS.

  1. Kunjungi Situs Prosa.AI

Buka situs web Prosa.AI atau link berikut ini https://tts.prosa.ai/ melalui device.

  1. Isi Formulir dan Lakukan Verifikasi Akun

Cara untuk daftar terdapat beberapa langkah, bisa langsung continue with Google atau Isi semua format yang ada di dalam situs tersebut seperti email, first name, last name, password, confirm password, organization, dan phone number. Kemudian klik register bagi yang belum punya akun.

  1. Pilih Suara, Gaya Bicara, Kecepatan, dan Tinggi Nada

Untuk selanjutnya pilih gender terlebih dahulu. Hal ini digunakan dalam konversi teks bahasa indonesia nantinya menggunakan suara laki-laki atau perempuan. Selanjutnya pada opsi ini Prosa.AI memberikan beberapa pilihan dalam gaya bicara, tinggal memilih yang sesuai dengan keinginan serta kegunaannya. Kemudian juga kecepatan, dalam opsi ini kecepatan bisa disesuaikan akan menggunakan “normal” atau lainnya. Opsi terakhir yaitu tinggi nada, pengguna dapat mengatur juga sesuai dengan keinginan.

  1. Masukkan Teks atau Soft File

Selanjutnya langsung menulis teks dalam bahasa indonesia, dalam panduan pengguna dapat menulis maksimal 2.800 karakter atau apabila berkeinginan langsung dari soft file juga bisa asalkan tidak melebihi batas maksimal.

  1. Hasil Sintesis

Tahap terakhir beri nama file agar mudah ditemukan kembali, dan dalam format unduhan pilih MP3. Selanjutnya klik sintesis, dan hasil audio siap digunakan.

Untuk video tutorial penggunaan fitur Prosa TTS, bisa diakses pada video berikut: Prosa TTS


Dengan paparan di atas pendidik dapat menggunakan fitur Prosa TTS. Selain memberikan manfaat belajar yang menyenangkan, dengan menggunakan platform digital dapat membantu pendidik dalam mendalami digitalisasi pendidikan. Informasi tambahan untuk penggunaan platform ini untuk mencoba, pengguna dapat memanfaatkan paket gratis masa free trial 1 bulan dengan karakter sebanyak 10.000. Jika sudah habis, pengguna dapat memilih paket sesuai dengan kebutuhan.

Diberdayakan oleh Blogger.