Memahami Manfaat Platform Digital dalam Perubahan Kurikulum Merdeka yang belum Diketahui

 Perubahan kurikulum di Indonesia pada tahun ajaran ini masih sering terdengar pendapat dari masyarakat terkait pro dan kontra. Kurikulum baru ini menggantikan Kurikulum 2013 yang dinilai masyarakat juga memiliki banyak perubahan khususnya di jenjang bangku sekolah. Kurikulum Merdeka mempunyai tujuan meningkatkan dan mengasah minat dan bakat peserta didik sejak dini dengan memberikan serangkaian materi pembelajaran esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik. Sebelum peresmian perubahan kurikulum beberapa sekolah sudah melakukan uji coba terkait implementasi penggunaannya, dan pada akhirnya Kurikulum Merdeka resmi diluncurkan tahun ajaran 2022/2023.

Platform digital merupakan sarana yang memberikan kemudahan khususnya dalam memperoleh dan mencari informasi, selain itu dapat diartikan sebagai wadah dalam membuat dan menyediakan jasa/layanan. Platform digital sifatnya luas dan dampak kehadirannya digunakan secara optimal oleh masyarakat di seluruh dunia. Munculnya platform digital khususnya di Indonesia membuat seluruh kegiatan atas dasar pendidikan maupun lingkup lain bisa dilakukan dalam satu tempat yang berbeda dan dalam waktu yang bersamaan. Percepatan digitalisasi memberikan informasi yang efektif dan cepat, namun dalam melakukan transformasi harus didasari dengan literasi yang tepat.

Meskipun platform digital sudah ada dan terus mengalami perkembangan, masyarakat masih menganggap bahwa dampak negatif selalu mengiringi setiap percepatan. Oleh karena itu High tech Teacher Indonesia memberikan ulasan terkait “Manfaat Platform Digital dalam Perubahan Kurikulum Merdeka”. Yuk simak pembahasan berikut.

Sumber: freepik.com
  1. Menjadi Media Pembelajaran

Adanya platform digital dapat dimanfaatkan seorang pendidikan dalam membuat media pembelajaran interaktif. Jadi antara pendidik dengan peserta didik dapat belajar secara komunikatif melalui perantara media pembelajaran yang dibuat dari platform digital. Platform digital dinilai dapat memfasilitasi pendidik untuk menyampaikan materi ajar yang menarik dan menyenangkan baik secara langsung maupun tidak. Hal ini dibuktikan banyak platform yang digunakan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar.

Sumber: freepik.com
  1. Inovasi Pembelajaran

Setelah pasca pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, Indonesia juga memperoleh dampak yang cukup merubah stigma pendidikan pada masanya. Seperti halnya saat pandemi berlangsung penggunaan platform digital yang sebelumnya hanya dianggap sebagai sampingan berubah drastis menjadi kebutuhan utama, dampak tersebut bahkan tetap digunakan dan terus di kembangkan sampai saat ini. Inovasi pembelajaran terus dilakukan dalam proses belajar mengajar di sekolah, hal ini dianggap sebuah cara untuk terus berkembang dan memanfaatkan platform pendidikan.

Sumber: freepik.com
  1. Transfer Informasi

Sebagai media transfer informasi mempunyai manfaat yang cukup baik dalam penyampaian materi ajar. Dengan platform digital membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Hal tersebut terbukti di era sekarang produk pembelajaran yang dibuat mampu menunjang pembelajaran dengan sangat informatif, kreatif, dan menyenangkan. Kemudian dilihat dari proses pembuatan sampai dengan penyampaian informasi, dilakukan dengan proses yang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang sangat lama.

Perkembangan teknologi memang berdampak bagi kehidupan manusia. Banyak manfaat yang diperoleh dari percepatan digitalisasi. Seorang pendidik harus memiliki kemampuan tentang pengaruh teknologi baik untuk dirinya sendiri maupun peserta didik. Pendidik harus terus berupaya melaksanakan tanggung jawab dalam menerapkan platform digital yang terus mengalami perkembangan.

Diberdayakan oleh Blogger.